Senin, 04 Mei 2015

Motivas-motivasi Dalam Berbisnis

Gairah atau semangat perlu dibangun dengan motivasi diri agar berhasil sukses dan memperoleh nilai gemilang. Daam dunia usaha motivasi bisnis memiliki peranan penting dan berada diposisi utama. Banyak perusahaan bangkrut karena manajemen tidak bisa membuat strategi memotivasi bisnis kepada karyawan-karyawannya.
Pada tulisan ini membahas tentang memacu motiasi semangat bisnis dalam lingkup personal. Memiliki semangat untuk maju adalah yang terpenting untuk dapat meraih kesuksesan dalam hidup. Motivasi sukses sering kali jadi kunci meraih keberhasilan. Sejarah berbicara, baik pengusaha, negarawan, akademisi, dan bintang-bintang dunia mengakui bahwa dorongan inilah yang membuat orang mau menapaki setiap jaan setapak menuju kesuksesan.

      Bagaimana cara memotivasi diri agar sukses dalam bisnis?
            Cara pertama adalah melatih diri bisa focus terhadap bisnis yang sedang kita jalani. Sebab rumus kehidupan itu apabila usaha dijalankan dengan maksimal maka akan meraih sesuatu yang optimal. Sedangkan bila tidak focus artinya dia bekerja asal-asalan, tak heran jika hasilnnya pun tidak sesuai dengan yang diharapkan. Banyak cara agar focus dalam pekerjaan, diantaranya yaitu dengan menyadari bahwa diri kita harus menjadi pekerja yang professional. Ada juga orang yang melatih focus dengan cara menyisihkan waktu dengan hiburan, baik itu olah raga, menonton film, rekreasi atau bermain seni sampai berkomunikasi dengan bayi. Hal terpenting disini adalah bagaimana kita bekerja dengan senyuman atau dengan kata lain riang gembira tanpa paksaan atau bekerja karena terpaksa.
            Terkadang, timbul asalan untuk menjawab motivasi yang datang ketika akan memulai sesuatu. Misalnya seseorang merintis bisnis usaha dagang tetapi tidak kunjung mendapat laba dari usahanya itu, dia berfikir dalam hatinya mungkin ini bukan jalan saya berbisnis.
            Pertanyaan sekarang, bagaimana agar dapat terus termotivasi dalam waktu yang lama dengan segala hambatan yang terbentang disepanjang jalan menuju sukses tersebut?sebagian menganggap hal ini sulit untuk dilakukan. Namun agar terus termotivasi, ada beberapa cara untuk meraih itu, misalnya berikut ini:
            Setiap orang memiliki cara tersendiri agar tidak jatuh dalam kegagalan. Ada yang berjanji pada diri sendiri dan akan menghukum dirinya sendiri ketika tidak memenuhi janji yang telah diungkapkannya pada dirinya tersebut. Orang seperti ini biasanya mempunyai motivasi sukses yang sangat dalam. Keadaan tersebut bisa tercipta oleh keadaan dan keinginan merubah keadaan. Bisa juga karena ingin membuktikan sesuatu atau karena adanya dendam kesumat.
            Apapun alasannya, semangat yang menggebu itu perlu dihargai dan dihormati. Ada juga yang menanamkan janji pada diri sendiri karena tak ingin terjatuh kedua kalinya kedalam lubang kehidupan yang hina. Motivasi sukses seperti ini jauh mendalam karena telah mendasarkan hati kepada keinginan untuk menjadi orang baik dan bisa berbuat lebih baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain di lingkungannya.
            Keinginan untuk meraih sesuatu dengan lebih cepat telah juga membuat orang bertahan dan terus berjuaang meraih apa yang telah dicita-citakannya. Berikut ini adalah cara yang dapat ditempuh untuk memotivasi diri sukses dalam segala hal.

     Tentukan tujuan hidup
            Tentukan tujuan dalam hidup dan lakukan apa yang harus dikerjakan untuk mencapai tujuan tersebut. Ingatlah, setuap langkah berani yang ditempuh akan semakin mendekatkan pada tujuan yang hendak dicapai. Setiap orang bisa membuat sebuah rencana dan prioritas dalam pikirannya. Satu hal yang pasti adalah bahwa rencana itu benar-benar dipahami degan jelas prioritas yang ada saat membuat rencana tersebut.kejelasan tujuan itu akan membuat tubuh dan jiwa bekerja sama meraihnya dan tidak mudah goyah melupakan motivasi sukses yang telah diungkapkan.

      Senangi setiap usaha yang dilakukan
            Senangi setiap usaha yang dilakukan seperti halnya bisnis perdagangan dan jadikan hal tersebut menarik bagi diri sendiri. Hal ini terjadi karena hanya melakukan rutinitas yang sama seperti kemarin. Demikian tersu berulang-ulang.
            Daripada seperti itu, lebih baik memecahkan proses monoton itu dan mengenalkan diri pada elemen yang menyenangkan saat bekerja. Hal ini akan membuat diri tetap focus dalam bekerja. Membuat variasi dalam menghadapi berbagai hal yang ditemui setiap hari bahkan akan berefek kepada menjadi orang yang embosankan. Tiada yang mampu membiarkan diri merasa senang dengan kesenangan itu sendiri.
            Bacaan dan tontonan bisa menjadi smber inspirasi yang sangat jitu. Bahkan status teman-teman yang ada di Facebook pun bisa dijadikan batu loncatan untuk membuat hidup lebih berwarna walupun tentunya tetap focus pada renca na dan jalan kesuksesan yang telah dipegang teguh.

      Tumbuhkan sikap positif
            Tumbuhkan sikap positif dalam diri untuk terus mempelajari dan mendapatkan kualifikasi diri yang terbaik. Ada masanya dimana setiap orang akan menemui kegagalan dalam mencapai kesuksesan dan merasa terpuruk karenanya. Ingatlah bahwa kegagalan itu bagian dari kemenangan. Sadarilah bahwa kemenangan yang diawali dengan kegagalan akan terasa nikmat dan manis daripada terlalu mulus dan tanpa perjuangan yang berarti.
            Perlu diingat, bahwa bunga tidak mekar dalam waktu semalam, demikian juga dengan kesuksesan. Kita hanya perlu bersabar dan terus berpikir positif dengan memacu motivasi kita agar dapat berbuat lebih baik. Suatu saat, kita pun akan menemui kesuksesan itu, jika kita bersabar dan terus berusaha.

       Konsisten
            Tetap konsisten dan jangan mudah menyerah. Bila muncul tantangan didepan, lakukan apa yang kita bisa untuk mengatasi tantangan itu. Mulailah dari hal terkecil dulu. Bila masih kesulitan, cobalah untuk mencari dorongan atau saran dari mereka yang sudah lebih berpengalaman.

       Kalahkan hal yang akan membuat memperlambat usaha
            Kalahkan hal yang akan memperlambat usaha kita seperti masalah pribadi, penangguhan, dan kurang percaya diri. Dari pada membidik terlalu tinggi, tetapkan harapan yang realistis dan mencari pengembangan diri dari hal kecil dulu. Dengan begitu, upaya meraih kesuksesan akan semakin dekat.

      Penghargaan diri sendiri
            saat kita berhasil mencapai sesuatu, berilah penghargaan pada diri sendiri. Hal ini akan membat kita bahagia dengan kesuksesan kecil kita dan terus memberikan motivasi demi hasil kerja yang baik.
Misalnya dengan cara berbelanja, merawat diri seharian disalon, bermain golf, atau sekedar menikamti hidangan yang jarang kita dapatkan dirumah. Sesekali melakukan hal itu tidak akan menjadi masalah.

      Periksa perkembangan usaha
            Periksa perkembangan usaha kita setiap saat dengan memecahkan berbagai kegiatan yang menunjang dalam rencana yang lebih kecil. Usahakan untuk meraih kesuksesan kecil secara berkesinambungan. Hal seperti ini akan membantu kita untuk mengoreksi diri bila suatu waktu ada sesuatu yang tertinggal dibelakang.

            Demikian cara memacu motivasi semangat usaha untuk meraih bisnis sukses yang gemilang.


0 komentar:

Posting Komentar